logo
  • Panggilan Kedaruratan
    024 - 845 7000
  • Reservasi & Call Centre
    024 - 8646 6000
  • Hotline BPJS
    0811 - 261 - 5046
  • Humas SMC RS Telogorejo
    0811 - 2791 - 949
  • 5 Syarat Penting agar Penderita PCOS Bisa Hamil

    5 Syarat Penting agar Penderita PCOS Bisa Hamil

          Penyakit polycystic ovary syndrome (PCOS) memang identik dengan gangguan siklus menstruasi yang tidak teratur dan sulit diprediksi. Akibatnya, ini bisa berdampak pada kesuburan wanita yang mengalaminya, terutama ketika sedang menjalani program kehamilan. Tapi, apakah itu artinya penderita PCOS sama sekali tidak bisa hamil? Justru, itu anggapan yang salah. Sebenarnya, pengidap PCOS tetap dapat mengandung asalkan sudah memenuhi sejumlah syarat kesehatan. Apa saja contohnya? Mari kita simak selengkapnya di sini!

    Contact Center Telogorejo

    1. Berat badan istri ideal

    Mempertahankan berat badan ideal adalah langkah penting bagi penderita PCOS yang ingin hamil. Sebab, ketidakseimbangan hormon sering kali menjadi masalah utama dalam PCOS, dan berat badan yang berlebih atau kurang dapat memperburuk kondisi ini. 

    Dengan mencapai dan mempertahankan berat badan ideal, Anda bisa membantu menstabilkan kadar hormon, memperbaiki ovulasi, dan meningkatkan peluang kehamilan. Lantas, berapakah berat badan yang perlu Anda capai? Untuk jawaban spesifiknya, Anda perlu berkonsultasi dengan ahli kesehatan profesional. Oleh karena itu, Anda juga perlu berolahraga secara teratur dan menerapkan pola makan yang seimbang serta bergizi.

    2. Kualitas sperma dan riwayat kesehatan suami baik

    Keberhasilan program kehamilan tidak hanya bergantung pada kondisi kesehatan istri, tapi juga kesehatan pihak suami. Dengan kata lain, kualitas sperma yang baik dan riwayat kesehatan yang positif sangatlah penting jika penderita PCOS ingin hamil. 

    Alasannya, kalau suami memiliki masalah kesehatan seperti obesitas, diabetes, atau gangguan hormonal, hal ini bisa mempengaruhi kualitas sperma. Jadi, pihak pria perlu menjaga pola makan, rutin berolahraga, dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala bersama istri untuk memastikan kondisi fisiknya optimal.

    3. Kesehatan mental istri baik

    Kesehatan mental yang baik sangat penting dalam proses kehamilan, terutama bagi wanita dengan PCOS yang sering kali menghadapi tantangan emosional terkait kondisi mereka. Apalagi, stres dan kecemasan berlebih dapat mempengaruhi keseimbangan hormon dan ovulasi. Pada akhirnya, ini akan mengurangi peluang kehamilan. Maka dari itu, penderita PCOS juga dapat memperitmbangkan konseling dan teknik relaksasi seperti yoga atau meditasi untuk mengendalikan tingkat stres.

    4. Pasangan memiliki jaringan dukungan yang kuat

    Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, Anda dan pasangan perlu memiliki dukungan emosional yang kuat, baik dari keluarga, teman, atau tenaga kesehatan seperti psikolog. Sebab, mereka dapat membantu Anda dan pasangan melalui proses yang menantang ini. Misalnya, dengan memberikan motivasi, mengantarkan Anda ke rumah sakit untuk konsultasi, membantu pekerjaan rumah tangga, dan sebagainya. Dengan demikian, Anda tidak mudah merasa stres dan kesepian secara berlebih hingga mengganggu keseimbangan hormon.

    5. Pilih jenis program kehamilan yang tepat

    Memilih program kehamilan yang tepat sangat penting untuk meningkatkan peluang kehamilan bagi penderita PCOS. Program seperti in-vitro fertilization (IVF) atau bayi tabung sering kali menjadi pilihan karena memiliki tingkat keberhasilan yang cukup tinggi. 

    Namun, sebelum memilih program, Anda dan pasangan perlu berkonsultasi dengan dokter spesialis untuk menentukan metode yang paling sesuai dengan kondisi Anda. Selain itu, Anda juga perlu memilih fasilitas kesehatan yang memadai.

    Untuk Anda yang berdomisili di Semarang dan sekitarnya, Anda dapat mengunjungi IVF Center SMC RS Telogorejo yang merupakan salah satu Center of Excellence. Di sini, Anda akan mendapatkan perawatan yang komprehensif dengan ahli berpengalaman di bidangnya, sehingga peluang kesuksesan program kehamilan bisa meningkat.

       Sederhananya, Anda selaku penderita PCOS tidak perlu berkecil hati saat sedang menjalani program kehamilan. Sebab, Anda tetap bisa berhasil mendapatkan keturunan dengan memperhatikan kelima syarat di atas. Kuncinya, jaga kesehatan fisik dan mental Anda, ajak pihak pasangan melakukan hal yang sama, dan jangan lupa memilih program kehamilan dengan tingkat keberhasilan yang cukup tinggi.

    Misalnya, untuk Anda yang mempertimbangkan bayi tabung, tidak perlu ragu-ragu menjadwalkan waktu konsultasi dengan Prof. dr. Noor Pramono, M.Med.Sc.,Sp.O.G, Subsp. F.E.R selaku Spesialis Kebidanan dan Kandungan SMC RS Telogorejo. Supaya lebih mudah, Anda dapat melakukan reservasi secara online melalui halaman ini atau menghubungi nomor contact center SMC RS Telogorejo (02486466000) sekarang!

    Contact Center Telogorejo

    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply

Photostream